Tuesday, February 17, 2009

LAHIRNYA PERGERAKAN HAMAS




Syaikh Yassin pernah ditanya tentang awal mula pergerakan ini dinamakan HAMAS.Dan berikut ini cerita Syaikh Yasin mengenai penamaan tersebut.

“Pada surat pernyataan pertama yang pernah kami keluarkan,saya hanya menandatanganinya dengan mencntumkan huruf (ha,mim,sin), dan sama sekali tidak ada bayangan dalam benak ini tentang kata-kata “HAMAS”.Setelah dua sampai 3 kali perbyataan yang dikeluarkan, akhirnya yang lain berkumpul dan mengusulkan untuk memberikan sebuah nama. Kemudian mereka berfikir untuk mencari nama yang pas, sampai akhirnya ada salah seorang yang menemukan nama yang cocok yaitu HAMAS, berdasarkan huruf-huruf yang ditandatangani dalam surat-surat sebelumnya.

Maka lahirlah HAMAS pada tanggal 9 Desember 1987.Yang penting bagi saya adalah substansinya.Saat ini, saya ingin merintis periode baru sebuah pergerakan Islam untuk melawan para penjajah.Maka, saya ingin memberikan nama yang relevan dengan kondisi yang sedang terjadi. Dan kondisi yang sedang terjadi sekarang (penjajahan) memerlukan adanya perlawanan.Oleh karena itu pergerakan ini diberi nama dengan Pergerakan Perlawanan Islam (Harakah Al-Muqawamah Al-Islamiyyah disingkat HAMAS)”

Sekilas Tentang HAMAS

Harakah Al-Muqaawamah Al-Islamiyyah atau disingkat HAMAS adalah sebuah pergerakan rakyat Palestina yang berusaha untuk membebaskan tanah airnya yang menjadikan Islam sebagai asas pergerakan tersebut.

Prkembangan dan Pertumbuhan HAMAS.

HAMAS memang dideklarasikan pada tahun 1987, akan tetapi keberadaannya di Palestina dengan nama yang lain telah ada sebelum tahun 1948, yang mana keberadaannya dianggap sebagai kepanjangan dari Jamaah Ikhwanul Muslimin yang didirikan di Mesir pada tahun 1928.

Sebelum HAMAS dideklarasikan pada tahun 1987, gerakan ini telah ada di bumi Palestina dengan nama “ Al-Muraabitun ‘ala Ardhi Al-Isra” dan “Harakah Al-Kifah Al-Islami.”Syaikh Yasin mendirikan pergerakan HAMAS bersama sahabat-sahabatnya dari unsure Ikhwanul Muslimin yang juga berjuang untuk Palestina seperti DR.Abdul Aziz Rantisyi,DR. Mahmud Zhihar dan yang lainnya.

Faktor-faktor yang Mendukung Berdirinya HAMAS.

Banyak faktor yang mendukung kemunculan pergerakan ini,seperti faktor dalam negeri , regional dan internasional. Yang menjadi faktor dalam negerinya adalah karena semakin ganasnya penjajahan Israel terhadap Palestina yang disertai tindakan-tindakan mereka yang memancing amarah merupakan sebab yang menjadi motivator munculnya HAMAS.Adapun yang menjadi faktor regionalnya (seluruh kawasan Arab) adalah ekses dari kekalahan Perang 1967 dan berubahnya ide perlawanan menjadi perjanjian damai,ditambah lesunya semangat kebangkitan Islam pada masyarakat Palestina. Semuanya ini mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap munculnya pergerakan yang berjuang dalam medan politik Palestina.

Pernyataan Pertama

Sebuah tindak kejahatan yang menjadi penyebab pergerakan ini mengeluarkan pernyataan pertamanya dan juga dianggap sebagai hari jadi pergerakan ini,adalah ketika seorang Yahudi pengemudi truk trailer membunuh empat orang pekerja Palestina pada tanggal 6 Desember 1987, Kemudian pergerakan ini mengadakan tindak balasan terhadap pemerintah Israel pada tanggal 15 Desember 1987.Hal tersebut juga membantu aksi intifadhah yang meletus pada tahun 1987, untuk memperluas medan perjuangannya dan agar dikenal oleh seluuh bangsa Palestina dan bangsa-bangsa Arab lainnya.

Orientasi Pemikiran HAMAS

HAMAS sama sekali menolak tentang hak Yahudi dari Palestina .Kerananya HAMAS selalu berupaya untuk mengusir Yahudi dari Palestina.Palestina memang pernah menerima mereka secara sementara, yaitu dengan jalan gencatan senjata pada tahun 1967.Namun , hal tersebut bukan berarti Palestina mengakui hak Yahudi terhadap tanah Palestina .Pertikaian antara Palestina dengan Israel dianggap sebagai pertarungan eksistensi, bukan sekadar pertarungan untuk memperebutkan perbatasan (daerah).Bangsa Palestina memandang Israel merupakan bagian dari kolonialisme barat dan Zionis yang bertujuan untuk mengusir bansa Palestina dari negerinya dan merusak kesatuan bangsa Arab. Rakyat Palestina meyakini, bahwa jihad dengan berbagai bentuknya merupakan jalan untuk memerdekakan tanah Palestina, dan mereka menolak untuk mengadakan perjanjian damai dengan Israel karena dianggap hanya menyia-nyiakan waktu dan menyebabkan terjadinya perampasan hak.

Gerakan Militer dalam Pandangan HAMAS

Gerakan militer dalam dalam pandangan HAMAS merupakan sebuah strtegi untuk menghadapi rencana Zionis dalam memusnahkan eksistensi Arab dan Islam secara keseluruhan.Dan, HAMAS meyakini bahwa cara tersebut bisa mencegah peluang ekspansi Israel terhadap dunia Arab dan Islam.Karena HAMAS menganggap pertikaian mereka dengan Israel itu, HAMAS melakukan aksi-aksi militernya lewat sayap militer mereka yang diberi nama Brigade Izzudin Al-Qassam dengan HAMAS mempunyai peranan utama dalam melakukan aksi perlawanan untuk membebaskan Al-Aqsa yang dimulai pada September 2000 dan terus berlangsung sampai saat ini.

Teroris versi Amerika

Amerika Serikat mencantumkan pergerakan HAMAS dalam gerakan terorisme, karena telah melakukan perlawanan terhadap penjajah di bumi Palestina.Karenanya HAMAS dianggap telah melakukan keganasan yang besar.Disebabkan pergerakan ini telah didaftarkan sebagai terorisme ,jadi Menteri Israel ketika itu bertindak memusnahkan pergerakan tersebut dengan pelbagai cara,termasuk membunuh dan mensasarkan kepada pemimpin HAMAS.

HAMAS dan Gencatan Senjata

Julai tahun 2003,HAMAS dan Jihad Al-Islami mengumumkan genjatan senjata selama 3 bulan. Disebabkan kematian Ismail Abu Syanab pada 23 Ogos 2003 di tengah kota Gaza, menyebabkan terbatalnya gencatan senjata tersebut.Dan pada Januari 2004,HAMAS menyatakan kesediaan melakukan genjatan senjata selama 10tahun dengan Israel ,sehubungan dengan permunduran pasukannya dari perbatasan Palestin ke perbatasannya yang dahulusebelum 5 Julai 1967.Disebabkan sukar untuk membebaskan Palestin pada masa itu, HAMAS pun menerima genjatan senjata itu secara bertahap dan mensyaratkan agar Israel menarik diri dari Palestin.Utusan Mesir khususnya Jeneral Umar Sulaiman berperanan dalam mengatur pertemuan antara gerakan perlawanan Palestin sebagai oposisi, dengan pemerintah yang berupaya untuk mengadakan kesepakatan dalam genjatan senjata ini.

Sumber:

Amir Syammakh,Syaikh Ahmad Yasin Syahid Yang Membangunkan Umat

aljazirah.net.

Ikwan online

No comments: